Kreatif. Inovatif. Revolusioner.

Thursday 2 January 2014

Warna Cermin Apa Sih?



Hey Rangers! Selamat Tahun Baru 2014! Gimana libur extra-panjangnya? Pasti seru banget kan? Maafin para mimin KIR Douven ya udah lama gak ngepost di blog ini. Mungkin karena para mimin udah lama gak ngepost jadi bikin Rangers gak semangat baca blog ini, tapi tenang, Rangers. Hari ini kita akan membahas sesuatu yang unik dan berbeda dari yang lain! Apa itu? Cermin. Iya, cermin! Tepatnya warna cermin.

Rangers pernah bercemin gak? Pasti pernah dong. Apa yang kalian lihat di kaca saat bercermin? Pastinya diri kalian sendiri, kan? Kalo cerminnya dipegang di depan muka, pasti yang keliatan muka juga. Kalo cerminnya ditaro di depan kasur, yang terlihat pasti kasur. Itulah cermin. Cermin selalu mantulin apa yang ada didepannya. Rangers pernah mikir gak "Sebenernya warna cermin itu apa sih?" Apa warna silver? Atau warna putih? Atau tidak berwarna?

Mungkin Rangers mikir cermin itu warnanya silver karena terbuat dari bahan-bahan yang silver juga seperti aluminium. Tapi apa bener warna cermin itu silver? Ternyata tidak, Rangers. Cermin yang sempurna berwarna putih... semacam putih pintar kalo kata Vsauce. Tapi kan kita hidup di dunia nyata. Dunia dimana gak ada cermin yang sempurna. Jadi sebenernya warna cermin itu apa? Kata Vsauce, kalo kita liat cahaya spektrum yang dipantulkan oleh cermin, kita bisa liat kalo cermin itu paling baik memantulkan cahaya sekitar 510nm. Cahaya sekita 510nm itu kita tangkap sebagai cahaya hijau. Jadi... sebenernya warna cermin itu bukan silver ataupun putih, melainkan... hijau? Bisa dibilang bener, sih, Rangers. Rangers juga bisa ngebuktiin kalo liat terowongan cermin, atau bahasa kerennya "Mirror Tunnel", seperti gambar-gambar berikut ini.








Gimana? Keren kan? Sayangnya itu aja sih yang mimin bisa jelasin hehehe. Rangers kalo belom puas dan mau tau penjelasan Vsauce secara full bisa diliat di video dibawah ini!



Salam KIR! 
---
Liked this post or have any suggestions? Feel free to comment in the comment section below!

0 comments:

Post a Comment