Kreatif. Inovatif. Revolusioner.

Saturday 5 October 2013

Tips Menghilangkan Rasa Malas


Assalamualaikum Rangers! Kita, terkadang, suka mem-procrastinasi hal-hal yang kita tidak terlalu suka. Misalnya tugas Bahasa Indonesia dikumpulin minggu depan, dikerjainnya baru H-1. Ini adalah rasa malas, Rangers, dan kalau dibiarkan, bisa bahaya! Rangers pasti pernah nanya ke diri sendiri "Gimana sih caranya biar gak males lagi?". Nah, berikut ini adalah 5 tips biar Rangers gak malas lagi nih.



1 ) Hidup terorganisir - Aspek yang paling penting untuk mengatasi kemalasan adalah hidup terorganisir. Sering kali kita ingin melakukan sesuatu yang produktif tapi ruangan yang berantakan membuatnya tampak mustahil untuk melakukan apa-apa dan malah membuat kita untuk tidak melakukan tugas kita. Ruangan yang bagus, bersih, dan terorganisir akan mengajak kita untuk melakukan tugas kita dan menjadi produktif. Ruangan yang berantakan akan membuat kita malas belajar. Sisihkan beberapa jam untuk mengatur ruangan kalian - semuanya, mulai dari meja kalian sampai file komputer kalian. Buatlah segalanya lebih mudah, bersih dan efisien.

2 ) Membuat 'to-do' list setiap malam sebelum tidur - Sangat penting untuk menuliskan tujuan kita sehingga kita dapat memvisualisasikan apa yang perlu dilakukan . Buatlah 'to -do ' list pada notebook kalian setiap malam dan tambahkan 5-10 hal yang harus dilakukan pada hari berikutnya . Dari pekerjaan ringan seperti membuang sampah sampai tugas yang berat seperti menyelesaikan modul   tugas fisika. Tidak ada tugas yang terlalu besar atau terlalu kecil untuk dimasukkan ke ' to-do ' list kalian.

3 ) Jadilah orang yang sadar akan waktu - Memulai dan menyelesaikan 'to-do' list setiap pagi sangat penting . Ini disebut kebiasaan dan rutinitas dan itulah yang memisahkan malas dari produktif. Bila kalian memiliki rutinitas dan kebiasaan, maka akan mudah untuk menyelesaikan pekerjaan yang dilakukan sehari-hari. Tidak memiliki rutinitas itu membuat sangat sulit mencapai apa-apa. Mulai rutin , menentukan waktu spesifik untuk memulai dan mencapai tujuan kalian setiap hari dan selalu sadar akan waktu. kalian tidak ingin menyia-nyiakan apa yang telah kalian mulai. Melihat jam akan memaksa kalian untuk bekerja lebih keras dan lebih cepat untuk menyelesaikan semua pekerjaan yang dilakukan. Kita perlu waktu mulai yang pasti dan waktu selesai yang pasti juga untuk menyelesaikan 'to - do' list kita setiap pagi.

4 ) Selalu bawa notebook kemana-mana - Membawa notebook setiap saat akan sangat bermanfaat (bukan notebook yang bisa internetan yang dimaksud disini, tetapi notebook buat mencatat hal-hal penting). Salah satu alasan adalah bahwa ide-ide sering datang saat kita lagi di jalan, berjalan menyusuri jalan, duduk di kereta api, atau tempat lain di mana kita tidak siap untuk melakukan ide-ide tersebut. Membawa notebook akan membuat kalian dapat menulis ide-ide tersebut dan membacanya lagi pada malam hari untuk dimasukkan ke 'to-do' list.

5 ) Tetapkan hari minggu untuk bermalas-malasan - Menjadi produktif sepanjang minggu adalah perasaan yang hebat . Setelah menjadi produktif, sangat dianjurkan untuk mengambil satu hari malas per minggu , dan tidak ada hari yang lebih baik daripada hari Minggu. Kebanyakan sekolah libur pada hari minggu, dan mengambil hari Minggu untuk bermalas-malasan akan membuat kalian beristirahat dan mempersiapkan hal-hal yang harus disiapkan untuk hari terpenting dalam seminggu yaitu hari Senin.

Sumber

2 comments: