Kreatif. Inovatif. Revolusioner.

Saturday 9 November 2013

Video Game ≠ Tidak Baik



Yo, Rangers! Pernah gak sih, Rangers lagi seru-seru main game, disuruh berhenti sama orang tua Rangers? Baru mau nyampe checkpoint, udah dicabut console video gamenya. Terus dinasehatin kalo main video game itu gak bagus. Dibilangin kalo main game itu cuma merusak otak, dan lebih baik untuk belajar. Nah, ternyata orang tua kita itu tidak 100% benar! Video game itu belom tentu "tidak baik" buat kita, Rangers! Berikut alasan kenapa bermain video game itu ada manfaatnya juga nih, Rangers, yang dikutip dari The Week!

1.  Mengurangi Stress

Alasan pertama kenapa bermain video game itu baik adalah karena bisa ngurangin stress, Rangers. Rangers pasti sebagian besar pelajar kan? Pasti ngerasain dong capeknya belajar dari jam 6:30 pagi sampe jam 3:00 sore, 5 kali seminggu. Belom lagi ditambah PR yang numpuk. PR fisika, kimia, sejarah, semuanya numpuk dan gak tau mau ngerjain yang mana duluan, saking banyaknya. Stress! Nah, dengan bermain video game, Rangers bisa ngurangin stress tersebut. Yang tadinya stress mikirin nilai fisika, jadi mikirin score di game. Yang tadinya mikirin cara nyelesain soal matematika, jadi mikirin cara namatin game. Pastinya dengan bermain game, stress akan berkurang (kecuali kalo main The Impossible Game).

2. Meningkatkan Pengelihatan

Alasan kedua video game itu baik adalah karena dapat meningkatkan pengelihatan kita! Loh, kok bisa? Alasan yang ini lebih ilmiah daripada yang diatas nih, Rangers. Jadi, Dr. Daphen Mauren dari Universitas McMaster, Ontario, Kanada, menemukan penemuan yang sangat emejing sekali...banget. Beliau menemukan bahwa orang-orang yang katarak bisa meningkatkan pengeliatan mereka dengan bermain game-game FPS (first-person shooter) seperti Medal of Honor dan Call of Duty. Beliau mengatakan game-game tersebut sangat cepat dan perlu fokus yang sangat tinggi, melatih orang-orang yang katarak tersebut melihat benda-benda di sekitar mereka lebih tajam. Beliau juga mengatakan kalo mereka menghasilkan tingkat dopamin yang lebih tinggi dan adrenalin yang "bisa membuat otak lebih plastis". Wew...

3. Meningkatkan Kemampuan Mengambil Keputusan

Alasan ketiga kenapa video game itu baik adalah karena bisa meningkatkan kemampuan kita dalam mengambil keputusan. Para ahli saraf kognitif di Universitas Rochester, New York, America, bilang kalo game-game yang memerlukan reaksi yang cepat dapat melatih otak seseorang untuk mengambil keputusan di dunia nyata nih, Rangers. Mereka berpendapat kalo game-game action berperan sebagai simulator untuk mengambil keputusan dengan memberi kesempatan kepada gamers untuk respawn dan mengambil keputusan yang tepat.
_______

Jadi, kesimpulannya adalah bermain game itu ternyata baik juga buat kita, Rangers. Bermain game banyak manfaatnya, seperti ngurangin stress, ningkatin pengelihatan, sama ningkatin kemampuan mengambil keputusan. Eitts, tapi sadar waktu juga ya, Rangers. Jangan keasyikan main game sampe-sampe lupa segalanya. Main game boleh, tapi jangan berlebihan ya, Rangers!

0 comments:

Post a Comment