Kreatif. Inovatif. Revolusioner.

Wednesday 29 January 2014

Mengapa Bumi Bulat?


Bumi itu bulat. Tentu saja. Semua orang di dunia ini pun tau kalau bumi itu bulat. Rangers bisa tanya ke anak SD, "Apa bentuk bumi?" Mereka pasti menjawab bulat. Rangers bisa tanya ke teman Rangers pertanyaan yang sama, dan jawabannya pasti serupa. Tapi, Rangers pernah bertanya gak, "Kenapa bumi ini bulat?" Kenapa gak berbentuk kubus atau semacam piramid? Penasaran? Nah, berikut penjelasan UniverseToday kenapa bumi bulat, Rangers!

Kenapa bumi bulat? Ya semuanya kembali lagi ke gravitasi. Masih ingatkah Rangers dengan Hukum Gravitasi Universal Newton? Pasti... udah lupa! 

"Setiap massa menarik massa titik lainnya dengan gaya segaris dengan garis yang menghubungkan kedua titik. Besar gaya tersebut berbanding lurus dengan perkalian kedua massa tersebut dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua massa titik tersebut." 

Untuk benda-benda kecil seperti bola, komputer, motor, mobil, dan bahkan gedung, gaya gravitasi sangat kecil. Tapi kalau semua digabungin, baru terlihat hukum gravitasi universal Newton. Semua massa saling tarik-menarik, membentuk suatu bola.

Untuk benda yang kecil seperti asteroid, gaya gravitasi untuk membentuk sebuah bola tidak sekuat kemampuan asteroid itu mempertahankan bentuknya. Tapi jika massa sangat besar dan ukurannya lebih dari 1000 kilometer, kekuatan benda mempertahankan bentuknya tidak bisa menghentikan gaya gravitasi yang menarik asteroid satu dengan yang lain, membentuk suatu bola.  
Bahkan, Persatuan Astronomi Internasional pada 2006 memutuskan bahwa kemampuan diatas adalah salah satu syarat suatu benda bisa dibilang planet. Benda tersebut harus mengorbiti matahari, menyingkirkan semua benda kecil di orbitnya, dan mempunyai gravitasi yang cukup untuk membentuk suatu bola.

Saat suatu benda mempunyai gravitasi untuk menjadi sebuah bulatan, para astronom mengatakan bahwa benda tersebut dalam kesetimbangan hidrostatik. Dan itu alasan kenapa bumi bulat!

Gimana Rangers? Sekarang jadi ngerti kan mengapa bumi bulat? Intinya, ya, gravitasi.

Itu dulu ya, Rangers! Maafin mimin ya kalo ada salah translate. Kalo Rangers mau baca dalam bahasa Inggris, jangan klik link dibawah!

0 comments:

Post a Comment